Meta Analisis Jurnal

Nama Kelompok:
1. Annisa Auliarani
2. Aprilia Yunita
3. Ariska Damayanti
4. Nur Amalita Syafira

META ANALISIS
Judul jurnal : Analisis kinerja ekspor komoditi perkebunan terhadap pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara (Oleh Ibrahim Rachman, 2013) ISSN 2303-1174

Variabel bebas (dependen) : kinerja ekspor

Variabel terikat (independen): pertumbuhan ekonomi

Faktor yang mempengaruhi kinerja ekspor (variabel bebas)
Ekspor memainkan peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi, terutama bagi ne gara-negara berkembang. Industri ekspor merupakan sektor yang menjadi landasan bagi perkembangan prod kutifitas, kemudian produktifitas ini berangsur-angsur  menjalar keseluruh sektor ekonomi. Perkembangan eks por ini menjadi bagian utama dari substansi 2 perspektif ekonomi, yakni, perspektif ekonomi makro, dimana ke giatan ekspor memungkinkan ekonomi nasional menjadi lebih baik untuk memperbesar cadangan valuta asing, menyediakan lapangan kerja, menciptakan backward dan  forward linkages , dan akhirnya mencapai sebuah standar hidup yang l ebih tinggi.

Metode yang digunakan
1. Library research (penelitian kepustakaan)
Penelitian yang dilakukan diperpustakaan guna menda patkan refrensi yang ada kaitannya dengan penulisan ini.
2. Field reaserch (penelitian lapangan)
Penelitian yang dilakukan di tempat-tempat atau ins tansi terkait yang menyediakan data atau informasi yang berkaitan dalam penulisan ini.

Alat analisis
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan melihat perkembangan volume dan nilai ekspor komoditi perkebunan Sulawes i Utara. Dan juga analisis yang di pakai dalam penelitian ini yaitu model regresi berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS), Uji t-parsial, Koefisien determinasi (R2).

Hasil Penelitian
Hasil ini menunjukan bahwa Kinerja Ekspor Komoditi Perkebunan Sulawesi Utara selama periode 2003 sampai 2012 cenderung berfluktuasi. Secara keseluruhan terlihat bahwa kinerja ekspor komoditi perkebunan Sulawesi Utara cenderung mengalami perbaikan atu peningkatan. Hal ini terlih at pada beberapa indikator seperti peningkatan volume dan nilai ekspor, banyaknya perusahaan pengekspor yang memenuhi permintaan pasar luar negeri, peningkatan jumlah komoditi perkebunan yang diekspor, neraca perdagangan yang menunjukan nilai yang positif meskipun cenderung berfluktuatif menunjukan bahwa perdagangan internasional komoditi perkebunan di Sulawesi Utara dikuasai oleh kegiatan ekspor, serta rasio perdagangan yang terus mengalami peningkatan yang menunjukan bahwa semakin membaiknya perdagangan ekspor komoditi perkebunan Sulawesi Utara. Hal ini juga semuanya mengalami perbaikan kinerja ekspor, yang pada gilirannya akan memberi kontribusi terhadap peningkatan perekonomian Sulawesi Utara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Iklan : Torabika Cappuccino Choco Granule

Analisis Studi Kasus Berdasarkan SAP

Tata Cara Pendirian Koperasi dan Flowchart