Analisis Studi Kasus Berdasarkan SAP
ANALISIS
STUDI KASUS BERDASARKAN SAP
Nama : Aprilia Yunita
Kelas : 4EA23
NPM : 10215921
SAP MATERI :
Kelas : 4EA23
NPM : 10215921
SAP MATERI :
TM-1 Kekuatan yang
mendorong dan menghambat pemasaran global
TM-11 Mampu menjelaskan
pilihan strategi memasuki pasar global
JUDUL
JURNAL :
Analisis Strategi
Ekspansi dalam Pengembangan Bisnis Di Pasar Global (Studi
Kasus Pada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dalam Akuisisi Thang Long Cement
Company Di Vietnam)
PENULIS JURNAL : Elok
Lestyani Purboningrum, 2018
HASIL
ANALISIS :
1. Kekuatan yang mendorong dalam
pemasaran global
Kekuatan
a. Memiliki
kekuatan dari segi keuangan.
Kinerja keuangan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. sangat
baik. Hal ini jika dilihat dari segi pendapataan tahunan perusahaan yang sangat
baik. Fakta ini tentunya mengacu pada pendapat yang didapatkan oleh perusahaan.
Faktor keuangan menjadi sebuah kekuatan yang sangat vital bagi PT Semen
Indonesia (Persero) Tbk. dalam proses ekspansi pasar ke Vietnam.
b. Brang
image perusahaan yang kuat.
Brand image perusahaan yang kuat merupakan salah satu
kekuatan perusahaan untuk menjaga eksistensi dan dapat berkembang. Ketika
sebuah perusahaan memiliki nama yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat
tentunya akan mudah masuk ke pasar sasaran baru. Pengaruh brand image terhadap
loyalitas pelanggan sangat signifikan dan mempengaruhi keberlangsungan produk.
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. adalah sebuah perusahaan yang telah
diperhitungkan di industri persemenan regional, hal ini yang kemudian menjadi
sebuah kekuatan dalam melakukan ekspansi pasar.
c. Pemimpin
pasar pada industri persemenan nasional.
Perusahaan telah menjadi leader/pemimpin pada industri
persemanan nasional. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan data bahwa PT Semen
Indonesia (Persero) Tbk. dari tahun 2013 hingga sekarang telah menguasai pasar
sebesar 42%-45%. Memperhatikan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa PT Semen
Indonesia (Persero) Tbk. telah berhasil pada tingkat industri semen nasional.
Sehingga posisi ini dapat dijadikan kekuatan dalam ekspansi pasar.
d. Perusahaan
memiliki pengalaman yang kuat di industri persemenan.
Pengalaman perusahaan di industri semen nasional telah
dimulai dari tahun 1957. Jika dilihat dari tahun berdirinya perusahaan, maka
tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan ini memiliki pengalaman yang panjang di
industri persemenan. Fakta ini yang menjadi sebuah kekuatan menurut peneliti
terkait dengan ekspansi pasar yang dilakukan yang akan sangat membantu dalam
hal perbaikan manajemen, peningkatan produksi, maupun penerapan strategi yang
tepat yang dapat diterapkan pada pasar sasaran.
e. Sumber
daya manusia yang berkompeten.
Jumlah karyawan tetap yang dimiliki oleh PT Semen Indonesia
(Persero) Tbk. sangat tersebar dalam jenjang umur dan juga sebaran pendidikan
yang sangat baik. Selain itu jumlah karyawan yang banyak juga menggambarkan
skala organisasi yang besar dan kuat karena ditunjang oleh sumber daya manusia
yang berkompeten di bidangnya. Sehingga faktor tersebut menjadi salah satu
penunjang dalam kaitannya dengan akuisisi perusahaan di Vietnam.
Peluang
a. Pertumbuhan
industri semen di Vietnam tinggi.
Pertumbuhan pasar di Vietnam yang ditunjukkan trend industri
semen meningkat dari waktu ke waktu adalah salah satu peluang yang sangat
terbuka bagi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. untuk melebarkan sayap serta
meraih keuntungan lebih di kawasan regional.
b. Konsumsi
semen di Vietnam tinggi.
Permintaan semen yang tinggi di Vietnam merupakan sebuah
peluang yang sangat baik bagi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., karena dengan
permintaan yang tinggi maka daya beli konsumen juga tinggi sehingga peluang
untuk bertumbuh dan berkembang sangat terbuka lebar.
c. Krisis
ekonomi di Vietnam.
Krisis ekonomi yang melanda Vietnam pada tahun 2012 menjadi
sebuah keuntungan tersendiri bagi perusahaan, dimana pada saat itu kondisi
Vietnam hampir mirip dengan kondisi krisis yang dialami Indonesia pada tahun
1998 silam. Krisis yang terjadi di negara tersebut kemudian memberikn
keuntungan dari segi finansial PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dalam proses
akuisisi Thang Long Cement Company.
d. Lokasi
Thang Long Cement Company yang strategis.
Lokasi perusahaan yang diakuisisi berada di Vietnam dimana
seperti yang diketahui bahwa Vietnam berbatasan langsung dengan Laos dan
Kamboja serta berdekatan dengan Thailand, Myanmar, dan Malaysia dimana
negara-negara tersebut adalah negara berkembang yang akan menjadi sebuah
keuntungan besar bagi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dari segi ekspor ke
negara-negara tetangga.
2.
Kekuatan
yang menghambat pemasaran global
Kelemahan
a.
Perusahaan belum memiliki pengalaman dalam akuisisi
perusahaan.
Perseroan pada saat akan melakukan ekspansi pasar ke Vietnam
belum memiliki pengalaman dalam hal mengakuisisi perusahaan, karena akuisisi
perusahaan di Vietnam adalah yang pertama sehingga perusahaan mengalami sedikit
hambatan yang berkaitan dengan proses akuisisi. Faktor tersebut dapat menjadi
sebuah kendala. dan dapat
mengakibatkan kegagalan dalam proses akuisisi jika tidak dianalisis secara
mendalam sebelum menerapkan strategi.
b.
Posisi perusahaan di pasar regional masih kurang.
Posisi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. yang belum terlalu
baik di pasar regional jika dibandingkan dengan kompetitor akan menjadi sebuah
kelemahan tersendiri mengingat bahwa faktor tersebut akan sangat berpengaruh
terhadap proses ekspansi ke luar negeri.
c.
Kompetitor sangat beragam dan persaingan harga.
Tingginya
tingkat persaingan global
dengan banyaknya perusahaan-perusahaan semen regional maupun
internasional yang memiliki kualitas produk yang baik dan diproduksi dengan
teknologi yang canggih serta memasang harga yang lebih murah dapat menjadi
hambatan tersendiri bagi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. yang ingin
melebarkan sayap di pasar internasional.
Ancaman
a.
Ancaman dari kompetitor yang sangat kompetitif dan
perusahaan pendatang baru.
Persaingan sangat kompetitif di industri semen regional akan
menjadi sebuah perhatian khusus. Terkait dengan fakta di lapangan bahwa
industri semen di regional dihuni oleh perusahaan besar seperti Holcim
International, Cemex Asia, Siam Cement, dll. Faktor tersebut yang kemudian akan
membuat perusahaan akan kesusahan untuk bersaing di pasar yang telah dihuni
pemain besar dan jika tidak menggunakan strategi yang tepat.
b.
Pendatang baru pada industri semen regional juga tidak dapat
dipandang sebelah mata.
Pendatang baru dari perusahaan-perusahaan China juga telah
gencar berekspansi ke kawasan regional. Sehingga hal tersebut akan menjadi
ancaman serius.
c.
Market Share perusahaan yang diakuisisi hanya 2%.
Market Share Thang Long Cement harus menjadi perhatian
karena PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. memiliki tanggung jawab yang besar
dalam mendongkrak pangsa pasar perusahaan yang diakuisisi, karena jika tidak
dikembangkan perusahaan akan mengalami kegagalan dalam persaingan pasar.
d.
Kondisi perusahaan Thang Long Cement Company yang sedang
dalam kondisi memiliki hutang yang besar.
Thang Long Cement ketika diakuisisi sedang dalam kondisi
memiliki hutang yang banyak. Faktor tersebut dapat menjadi sebuah ancaman yang
nyata jika PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. tidak mempertimbangkan dengan
matang hal yang terkait dengan hutang yang dimiliki perusahaan tersebut.
3.
Mampu
menjelaskan pilihan strategi memasuki pasar global
a.
Strategi
S-O (Strenght-Opportunities) Strategi
ini menciptakan strategi dengan menggunakan kekuatan dari perusahaan untuk
memanfaatkan peluang yang ada, berikut adalah strategi yang dihasilkan,
1.
Meningkatkan kapasitas produksi untuk mengejar target pertumbuhan.
2.
Mengejar target penjualan dengan memanfaatkan brand image.
3.
Memperluas pangsa pasar dengan pengalaman yang dimiliki.
4.
Memanfaatkan krisis dengan investasi yang murah.
5.
Kondisi keuangan perusahaan yang relatif sangat baik.
6.
Meningkatkan ekspor dengan adanya MEA 2015.
b.
Strategi
S-T (Strenght-Threats)
Strategi ini digunakan untuk menciptakan strategi dengan
menggunakan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan untuk mengatasi ancaman.
Berikut adalah strategi yang dihasilkan,
1.
Memanfaatkan pengalaman untuk bersaing dengan kompetitor.
2.
Kondisi keuangan perusahaan yang relatif sangat baik.
3.
Menggunakan brand image untuk bersaing dengan pendatang
baru.
4.
Menggunakan kekuatan finansial dengan strategi yang tepat.
5.
Memanfaatkan SDM yang berkompeten dalam menganalisis sistem
hukum di negara tujuan.
6.
Menggunakan pengalaman memimpin pasar di industri nasional
untuk mengembangkan pasar.
c.
Strategi
W-O (Weakness-Opportunities)
Strategi ini diterapkan dengan cara memanfaatkan peluang
yang dimiliki perusahaan untuk meminimalkan kelemahan yang dimiliki perusahaan.
Berikut adalah beberapa strategi yang dihasilkan,
1.
Analisis mendalam sebelum melakukan akuisisi perusahaan.
2.
Memanfaatkan SDM berkompeten dari Indonesia.
3.
Transfer
teknologi antar holding
di Indonesia dengan anak
perusahaan di Vietnam.
4.
Peningkatan kemampuan bahasa inggris.
5.
MEA akan menjadi jalan dalam memantapkan posisi perusahaan
di kawasan regional.
d.
Strategi
W-T (Weakness-Threats)
Strategi ini digunakan pada strategi defensif, dimana
strategi ini diciptakan untuk meminimalkan kelemahan yang dimiliki perusahaan
serta menghindari ancaman. Berikut adalah strategi yang dihasilkan,
1.
Merger dengan perusahaan yang sudah memiliki reputasi dan pangsa
pasar yang baik.
2.
Implementasi strategi bersaing di industri persemenan
regional.
3.
Melakukan pendidikan dan pelatihan berkelanjutan terhadap
SDM yang dimiliki.
Strategi
yang dihasilkan dalam matriks SWOT memberikan beberapa alternative strategi
yang dapat diperhatikan dan digunakan, kemudian dalam matriks SWOT strategi
yang digunakan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dalam proses ekspansi ke luar
negeri berlandaskan pada strategi SO (Strenght-Opportunities) yaitu strategi
yang menggunakan kekuatan-kekuatan internal perusahaan yag dimiliki untuk
memanfaatkan peluang yang ada. Strategi tersebut dapat terlihat jelas dalam
analisis strategi yang telah dilakukan.
Strategi
S-O (Strength-Opportunities) dalam matriks SWOT menghasilkan strategi-strategi
seperti memanfaatkan kondisi keuangan perusahaan yang sedang sangat baik unutk
berinvestasi, meningkatkan kapasistas produksi untuk memenuhi kebutuhan dalam
target pertumbuhan, mengejar target penjualan dengan memanfaatkan brand image,
memperluas pangsa pasar dengan pengalaman yang dimiliki, memanfaatkan krisis
yang terjadi di Vietnam dengan investasi yang murah, meningkatkan ekspor dengan
adanya MEA 2015.
Play Slots by Evolution Gaming at LuckyClub!
BalasHapusPlay the most popular games from Evolution Gaming at LuckyClub! to luckyclub.live take your favourite games from the hottest providers around. Rating: 4.3 · 4 votes