Analisis Studi Kasus Berdasarkan SAP


ANALISIS STUDI KASUS BERDASARKAN SAP
Nama : Aprilia Yunita
Kelas : 4EA23
NPM : 10215921

SAP MATERI :
TM-1 Kekuatan yang mendorong dan menghambat pemasaran global
TM-11 Mampu menjelaskan pilihan strategi memasuki pasar global
JUDUL JURNAL :
Analisis Strategi Ekspansi dalam Pengembangan Bisnis Di Pasar Global (Studi Kasus Pada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dalam Akuisisi Thang Long Cement Company Di Vietnam)
PENULIS JURNAL : Elok Lestyani Purboningrum, 2018
HASIL ANALISIS :
1.      Kekuatan yang mendorong dalam pemasaran global
Kekuatan
a.       Memiliki kekuatan dari segi keuangan.
Kinerja keuangan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. sangat baik. Hal ini jika dilihat dari segi pendapataan tahunan perusahaan yang sangat baik. Fakta ini tentunya mengacu pada pendapat yang didapatkan oleh perusahaan. Faktor keuangan menjadi sebuah kekuatan yang sangat vital bagi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dalam proses ekspansi pasar ke Vietnam.
b.      Brang image perusahaan yang kuat.
Brand image perusahaan yang kuat merupakan salah satu kekuatan perusahaan untuk menjaga eksistensi dan dapat berkembang. Ketika sebuah perusahaan memiliki nama yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat tentunya akan mudah masuk ke pasar sasaran baru. Pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan sangat signifikan dan mempengaruhi keberlangsungan produk. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. adalah sebuah perusahaan yang telah diperhitungkan di industri persemenan regional, hal ini yang kemudian menjadi sebuah kekuatan dalam melakukan ekspansi pasar.
c.       Pemimpin pasar pada industri persemenan nasional.
Perusahaan telah menjadi leader/pemimpin pada industri persemanan nasional. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan data bahwa PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dari tahun 2013 hingga sekarang telah menguasai pasar sebesar 42%-45%. Memperhatikan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. telah berhasil pada tingkat industri semen nasional. Sehingga posisi ini dapat dijadikan kekuatan dalam ekspansi pasar.
d.      Perusahaan memiliki pengalaman yang kuat di industri persemenan.
Pengalaman perusahaan di industri semen nasional telah dimulai dari tahun 1957. Jika dilihat dari tahun berdirinya perusahaan, maka tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan ini memiliki pengalaman yang panjang di industri persemenan. Fakta ini yang menjadi sebuah kekuatan menurut peneliti terkait dengan ekspansi pasar yang dilakukan yang akan sangat membantu dalam hal perbaikan manajemen, peningkatan produksi, maupun penerapan strategi yang tepat yang dapat diterapkan pada pasar sasaran.
e.       Sumber daya manusia yang berkompeten.
Jumlah karyawan tetap yang dimiliki oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. sangat tersebar dalam jenjang umur dan juga sebaran pendidikan yang sangat baik. Selain itu jumlah karyawan yang banyak juga menggambarkan skala organisasi yang besar dan kuat karena ditunjang oleh sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya. Sehingga faktor tersebut menjadi salah satu penunjang dalam kaitannya dengan akuisisi perusahaan di Vietnam.

Peluang
a.       Pertumbuhan industri semen di Vietnam tinggi.
Pertumbuhan pasar di Vietnam yang ditunjukkan trend industri semen meningkat dari waktu ke waktu adalah salah satu peluang yang sangat terbuka bagi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. untuk melebarkan sayap serta meraih keuntungan lebih di kawasan regional.
b.      Konsumsi semen di Vietnam tinggi.
Permintaan semen yang tinggi di Vietnam merupakan sebuah peluang yang sangat baik bagi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., karena dengan permintaan yang tinggi maka daya beli konsumen juga tinggi sehingga peluang untuk bertumbuh dan berkembang sangat terbuka lebar.
c.       Krisis ekonomi di Vietnam.
Krisis ekonomi yang melanda Vietnam pada tahun 2012 menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi perusahaan, dimana pada saat itu kondisi Vietnam hampir mirip dengan kondisi krisis yang dialami Indonesia pada tahun 1998 silam. Krisis yang terjadi di negara tersebut kemudian memberikn keuntungan dari segi finansial PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dalam proses akuisisi Thang Long Cement Company.
d.      Lokasi Thang Long Cement Company yang strategis.
Lokasi perusahaan yang diakuisisi berada di Vietnam dimana seperti yang diketahui bahwa Vietnam berbatasan langsung dengan Laos dan Kamboja serta berdekatan dengan Thailand, Myanmar, dan Malaysia dimana negara-negara tersebut adalah negara berkembang yang akan menjadi sebuah keuntungan besar bagi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dari segi ekspor ke negara-negara tetangga.

2.      Kekuatan yang menghambat pemasaran global
Kelemahan
a.       Perusahaan belum memiliki pengalaman dalam akuisisi perusahaan.
Perseroan pada saat akan melakukan ekspansi pasar ke Vietnam belum memiliki pengalaman dalam hal mengakuisisi perusahaan, karena akuisisi perusahaan di Vietnam adalah yang pertama sehingga perusahaan mengalami sedikit hambatan yang berkaitan dengan proses akuisisi. Faktor tersebut dapat menjadi sebuah kendala. dan dapat mengakibatkan kegagalan dalam proses akuisisi jika tidak dianalisis secara mendalam sebelum menerapkan strategi.
b.      Posisi perusahaan di pasar regional masih kurang.
Posisi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. yang belum terlalu baik di pasar regional jika dibandingkan dengan kompetitor akan menjadi sebuah kelemahan tersendiri mengingat bahwa faktor tersebut akan sangat berpengaruh terhadap proses ekspansi ke luar negeri.
c.       Kompetitor sangat beragam dan persaingan harga.
Tingginya  tingkat  persaingan  global  dengan banyaknya perusahaan-perusahaan semen regional maupun internasional yang memiliki kualitas produk yang baik dan diproduksi dengan teknologi yang canggih serta memasang harga yang lebih murah dapat menjadi hambatan tersendiri bagi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. yang ingin melebarkan sayap di pasar internasional.

Ancaman
a.       Ancaman dari kompetitor yang sangat kompetitif dan perusahaan pendatang baru.
Persaingan sangat kompetitif di industri semen regional akan menjadi sebuah perhatian khusus. Terkait dengan fakta di lapangan bahwa industri semen di regional dihuni oleh perusahaan besar seperti Holcim International, Cemex Asia, Siam Cement, dll. Faktor tersebut yang kemudian akan membuat perusahaan akan kesusahan untuk bersaing di pasar yang telah dihuni pemain besar dan jika tidak menggunakan strategi yang tepat.
b.      Pendatang baru pada industri semen regional juga tidak dapat dipandang sebelah mata.
Pendatang baru dari perusahaan-perusahaan China juga telah gencar berekspansi ke kawasan regional. Sehingga hal tersebut akan menjadi ancaman serius.
c.       Market Share perusahaan yang diakuisisi hanya 2%.
Market Share Thang Long Cement harus menjadi perhatian karena PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. memiliki tanggung jawab yang besar dalam mendongkrak pangsa pasar perusahaan yang diakuisisi, karena jika tidak dikembangkan perusahaan akan mengalami kegagalan dalam persaingan pasar.
d.      Kondisi perusahaan Thang Long Cement Company yang sedang dalam kondisi memiliki hutang yang besar.
Thang Long Cement ketika diakuisisi sedang dalam kondisi memiliki hutang yang banyak. Faktor tersebut dapat menjadi sebuah ancaman yang nyata jika PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. tidak mempertimbangkan dengan matang hal yang terkait dengan hutang yang dimiliki perusahaan tersebut.

3.      Mampu menjelaskan pilihan strategi memasuki pasar global
a.      Strategi S-O (Strenght-Opportunities) Strategi ini menciptakan strategi dengan menggunakan kekuatan dari perusahaan untuk memanfaatkan peluang yang ada, berikut adalah strategi yang dihasilkan,
1.      Meningkatkan kapasitas produksi untuk mengejar target pertumbuhan.
2.      Mengejar target penjualan dengan memanfaatkan brand image.
3.      Memperluas pangsa pasar dengan pengalaman yang dimiliki.
4.      Memanfaatkan krisis dengan investasi yang murah.
5.      Kondisi keuangan perusahaan yang relatif sangat baik.
6.      Meningkatkan ekspor dengan adanya MEA 2015.

b.      Strategi S-T (Strenght-Threats)
Strategi ini digunakan untuk menciptakan strategi dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan untuk mengatasi ancaman. Berikut adalah strategi yang dihasilkan,
1.    Memanfaatkan pengalaman untuk bersaing dengan kompetitor.
2.    Kondisi keuangan perusahaan yang relatif sangat baik.
3.    Menggunakan brand image untuk bersaing dengan pendatang baru.
4.    Menggunakan kekuatan finansial dengan strategi yang tepat.
5.    Memanfaatkan SDM yang berkompeten dalam menganalisis sistem hukum di negara tujuan.
6.    Menggunakan pengalaman memimpin pasar di industri nasional untuk mengembangkan pasar.

c.       Strategi W-O (Weakness-Opportunities)
Strategi ini diterapkan dengan cara memanfaatkan peluang yang dimiliki perusahaan untuk meminimalkan kelemahan yang dimiliki perusahaan. Berikut adalah beberapa strategi yang dihasilkan,
1.    Analisis mendalam sebelum melakukan akuisisi perusahaan.
2.    Memanfaatkan SDM berkompeten dari Indonesia.
3.    Transfer  teknologi  antar  holding  di  Indonesia dengan anak perusahaan di Vietnam.
4.    Peningkatan kemampuan bahasa inggris.
5.    MEA akan menjadi jalan dalam memantapkan posisi perusahaan di kawasan regional.

d.      Strategi W-T (Weakness-Threats)
Strategi ini digunakan pada strategi defensif, dimana strategi ini diciptakan untuk meminimalkan kelemahan yang dimiliki perusahaan serta menghindari ancaman. Berikut adalah strategi yang dihasilkan,
1.      Merger dengan perusahaan yang sudah memiliki reputasi dan pangsa pasar yang baik.
2.      Implementasi strategi bersaing di industri persemenan regional.
3.      Melakukan pendidikan dan pelatihan berkelanjutan terhadap SDM yang dimiliki.

Strategi yang dihasilkan dalam matriks SWOT memberikan beberapa alternative strategi yang dapat diperhatikan dan digunakan, kemudian dalam matriks SWOT strategi yang digunakan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dalam proses ekspansi ke luar negeri berlandaskan pada strategi SO (Strenght-Opportunities) yaitu strategi yang menggunakan kekuatan-kekuatan internal perusahaan yag dimiliki untuk memanfaatkan peluang yang ada. Strategi tersebut dapat terlihat jelas dalam analisis strategi yang telah dilakukan.
Strategi S-O (Strength-Opportunities) dalam matriks SWOT menghasilkan strategi-strategi seperti memanfaatkan kondisi keuangan perusahaan yang sedang sangat baik unutk berinvestasi, meningkatkan kapasistas produksi untuk memenuhi kebutuhan dalam target pertumbuhan, mengejar target penjualan dengan memanfaatkan brand image, memperluas pangsa pasar dengan pengalaman yang dimiliki, memanfaatkan krisis yang terjadi di Vietnam dengan investasi yang murah, meningkatkan ekspor dengan adanya MEA 2015.



Komentar

  1. Play Slots by Evolution Gaming at LuckyClub!
    Play the most popular games from Evolution Gaming at LuckyClub! to luckyclub.live take your favourite games from the hottest providers around. Rating: 4.3 · ‎4 votes

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Iklan : Torabika Cappuccino Choco Granule

Tata Cara Pendirian Koperasi dan Flowchart